Bagaimana cara membuat rencana strategi untuk digital marketing (pemasaran digital) ? Semua orang tentunya memiliki sebuah rencana masa depan, begitu juga langkah-langkah pemasaran.
Apa yang harus kita persiapkan untuk langkah-langkah pemasaran?
- Brand Identity (Identitas sebuah merk) Artinya, bagaimana menggunakan sebuah merk archetypes
- Right Target Audience ( target yang tepat) Artinya, bagaimana mendapatkan peminat dengan target yang tepat pada merk anda.
- Channels Roles (Aturan alur-alur) Artinya, bagaimana memilih platform digital yang tepat untuk tindakan pemasaran.
- Social Media Trend ( Sosial Media masa kini atau viral) Artinya, bagaimana tetap terkoneksi atau berhubungan dengan tren digital.
BRAND IDENTITY
How to use brand archetypes. (bagaimana menggunakan merk arketipe) Sebelum kita melangkah ke strategi pemasaran digital, kita seharusnya memiliki sebuah ikatan atau ketertarikan kepada para klien atau peminat produk kita.
Pertanyaan Peminat : “Apa yang menarik kami dari merk-merk ini?” ,”Mengapa kami menerima merk ini?” , “Mengapa kita menunjukkan kesetiaan atau percaya pada merk ini?”
BAGAIMANA MELAKUKAN RISET PASAR?
- Temukan tujuan penelitian.
- Buat 2 jenis penelitian : kualitatif & kuantitatif.
- Bagikan pertanyaan penelitian kepada teman atau bagikan melalui formulir online kepada orang-orang yang terlihat seperti target pasar kita.
- Gunakan diri Anda sebagai salah satu target penelitian
“Pilih target pasar yang tepat sebagai target audiens pemasaran digital Anda, lakukan riset dan catat perilaku mereka.”
PERAN SALURAN (Bagaimana memilih platform digital yang tepat)
Platform digital ibarat rumah atau ruang bagi perencana pemasaran digital dengan identitas merek dan pembuatan konten pengetahuan produk. Siapkan saluran digital Anda seperti saat Anda mempersiapkan rumah impian Anda.
• Tantangan pemasar: Pilih platform digital yang tepat. Isi platform digital dengan identitas merek dengan visualisasi yang baik. mempersiapkan copywriting untuk branding dan konsep konten untuk promosi.
CARA MEMBUAT SITUS WEB DENGAN CARA MUDAH
- Siapnge.com: https://siapnge.com/
- Wix.com: https://www.wix.com/
- Blogspot: https://www.blogger.com/
JANGKAU LEBIH BANYAK AUDIENS (kategori audiens target umum )
• LIBATKAN LEBIH BANYAK AUDIENS: milenial & pecinta desain
• EKSPOSUR GRATIS: milenial, gen z, dan pembuat konten
• HUBUNGAN PROFESIONAL: dewasa, muda, pekerja,
• PERCAKAPAN SDM: layanan pelanggan sosial, politik, pembaruan
“Saluran media sosial dapat menjadi perwakilan digital bisnis Anda dengan konten yang dipersonalisasi berdasarkan tren digital.”
TREN MEDIA SOSIAL (Bagaimana tetap berhubungan dengan tren digital)
Tren akan menjadi sesuatu yang diciptakan oleh influencer atau situasi. Namun, tidak semua kreasi atau situasi influencer dapat disesuaikan dengan rencana pemasaran digital Anda. Pilih influencer atau momen Anda berdasarkan kategori target Anda atau SES (Status Ekonomi Sosial).
• Tantangan pemasar : Ikuti tren media sosial untuk bergabung dengan pemasaran momen. Terus lakukan riset Anda (KEPO) kapan saja.
Tren Media Sosial 2020 : Ini saatnya untuk video dan tantangan TikTok. Pertama, tidak dapat disangkal, TikTok itu besar. 800 juta pengguna aktif bulanan besar.
Fakta Menarik : 500 juta dari pengguna aktif ini (60%) tinggal di China dan 300 juta pengguna aktif bulanan lainnya dari luar China.
Tren Media Sosial 2020: Video mencuri perhatian penonton. Data terbaru dari Ericsson menunjukkan bahwa pengguna internet seluler dunia akan mengonsumsi lebih dari setengah triliun gigabyte data seluler selama tahun 2020 dengan sekitar dua pertiga dari total itu digunakan untuk streaming dan mengunduh konten video. 90% pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun sekarang menonton video online setiap bulan (laporan GlobalWeblndex)
Fakta Menarik : Jika data disimpan pada disket berukuran 3½ “, tumpukan tersebut akan meluas sepanjang jarak Matahari ke tempat di luar Jupiter.
Tren Media Sosial 2020: Game adalah bisnis yang serius untuk mendekati audiens target muda. Total pengguna video game sama dengan total komunitas game global lebih dari 3,5 miliar orang.
Fakta Menarik: Mayoritas gamer (69% pengguna internet) memainkan game di smartphone mereka.
“Ikuti tren media sosial untuk mendapatkan eksposur, viralitas, dan memanfaatkan pemasaran momen dengan menggunakan pembuatan konten kreatif.”
KONTEN KREATIF (Cara membuat konten keterlibatan & copywriting)
Konten merupakan hal penting dalam proses promosi dan merupakan bagian dari pemasaran. Copywriting adalah jiwa dari branding yang memberikan sentuhan kuat pada promosi. Saran saya untuk semua pemasar: Buat copywriting yang kuat sebagai kampanye hashtag dan penulisan konten yang relevan sebagai caption di media sosial atau iklan digital.
CARA MENCIPTAKAN KONTEN STRATEGI
? Pendekatan komunikasi : kesadaran, keterlibatan, pendidikan, dll.
? Personifikasi konten : nada dan cara (tone of voice) konten.
? Pilar konten : kategori topik untuk konten digital / media sosial.
? Paket bulanan: buat secara teratur mingguan atau bulanan (memanfaatkan momen pemasaran adalah ide yang bagus).
ALAT SEDERHANA UNTUK MEMBUAT KREASI KONTEN KREATIF
? Membuat gambar & cerita persegi: canva.com, Foto PicsArt, VSCO.
? Mengedit video: Inshot, Splice, VivaVideo, KineMaster, TikTok, dll.
HASHTAG ADALAH CARA MENDAPATKAN KONTEN MEDIA DIGITAL / SOSIAL
? Dapat melacak postingan audiens Anda
? Dapat menjadi slogan digital produk Anda
? Dapat menjadi pesan singkat merek Anda
TIPS & TRIK
• Buat hashtag keunikan
• Cari hashtag relevan lainnya menggunakan regulator hashtag : Semua Hashtag
• Gunakan maksimal 5-10 hashtag per konten
“Buat konten fungsional untuk menunjukkan manfaat merek Anda, tetapi jangan lupa juga untuk membuat konten emosional untuk menyentuh empati audiens Anda.”