KENAPA BAYI-BAYI ITU DIBUANG?

Banyak faktor penyebab mengapa mereka tega membuang anaknya sendiri:

Pertama, masyarakat semakin kering iman, dan jauh dari nilai-nilai spiritual/ketuhanan, tidak takut lagi kepada Sang Pencipta dan semakin mengabaikan nilai-nilai moral kemanusiaan.

Kedua, tidak ada lagi perasaan malu atau takut melanggar norma-norma sosial, termasuk norma agama. Ditambah lagi kondisi masyarakat semakin individualis, cuek dengan lingkungan sekitarnya, sehingga perbuatan maksiat merajalela di mana-mana tanpa ada rem. Tak jarang semua ini terjadi karena orang tua yang frustasi karena belum siap untuk menikah dan mempunyai anak. Anak dari hasil hubungan di luar nikah, pergaulan bebas dari anak-anak, remaja yang belum menghendaki untuk menikah, sehingga dari pada menanggung malu mereka tega membuang bahkan membunuh darah daging sendiri.

Ketiga, faktor kemiskinan, karena ekonomi yang sulit mereka tidak sanggup untuk membiayai anaknya nanti. Namun apapun alasan dan penyebabnya tersebut tidak dapat dibenarkan. Pengawasan dan penyelenggaraan perlindungan terhadap anak khususnya masalah pembuangan bayi semakin harus diperketat, baik oleh negara dalam hal ini Komisi Perlindungan Anak maupun warganegara yakni masyarakat dan keluarga yang terkait.

Keempat, longgarnya sanksi hukum yang diberikan kepada  pelaku, sehingga tidak memberikan efek jera pada si pelaku dan mengakibatkan kasus-kasus ini terulang. Hukum sangat lemah mengganjar pelaku sehingga tidak ada efek jera bagi pelaku. Hal ini membuktikan bahwa ide-ide kebebasan yang ditawarkan sekluler-kapitalis tidak membawa kebaikan, kebahagiaan, dan kesejahteraan, tapi justru membawa kerusakan dan kesengsaraan di semua aspek kehidupan.

Kelima, kurangnya pengawasan dari negara sebagai pengontrol, sangat juga diperlukan peran serta aktif lembaga sosial masyarakat, agama  dan terlebih keluarga. Keluarga memegang peranan penting dalam upaya meniadakan kasus-kasus bayi yang dibuang. Hubungan keluarga yang harmonis dan akrab serta saling mengasihi, didukung dengan pendidikan moral maupun agama, ketaatan di dalam beribadah kepada Sang Pencipta dapat menjadi fondasi yang kuat untuk membentengi diri dari perilaku-perilaku yang bertentangan dengan nilai tatasusila, moral dan agama, seperti hubungan di luar nikah yang menyebabkan kehamilan yang tidak dikehendaki, dan berujung dengan kasus aborsi dan bayi-bayi yang dibuang.

Penyebab-penyebab di atas adalah hasil dari sistem yang diterapkan yang menjauhkan agama dari kehidupan. Setelah melihat fakta-fakta di atas, ternyata ide-ide kebebasan yang diusung oleh kapitalisme, kedudukannya tidak bertambah mulia tapi justru bertambah rusak moralnya. Sementara sistem yang ada juga gagal memberikan perlindungan atas masyarakat. Lantas, apakah kita masih percaya pada sistem seperti ini?

Anak adalah Anugerah

Dalam al-Qur’an, anak disebutkan sebagai karunia dari Allah Subhanahu Wa Ta’aala. Ia adalah rezeki dan dambaan orang tua, ia adalah tabungan dan investasi orang tua, ia adalah tumpuan masa depan orang tua. Berapa banyak orang yang pontang-panting berobat ke sana sini, baik secara medis untuk mendapat anak, berapa banyak orang yang menghabiskan puluhan juta atau bahkan ratusan juta rupiah demi mendapatkan anak, dan juga tidak sedikit orang yang mengeluarkan ongkos yang tidak sedikit untuk mengadopsi anak.

Anak semestinya dilahirkan demi menjadi penerus generasi orangtuanya, sebagai amanah yang harus dijaga dan dilindungi. Sehingga, anak harus dilahirkan penuh perencanaan/ kesadaran kedua orangtuanya, dengan cara halal yaitu melalui pernikahan, disambut suka cita dan dijamin hak-haknya. Semua itu bisa terwujud jika secara individu, anak dilahirkan dari orangtua yang sadar sepenuhnya akan tanggungjawabnya sebagai orangtua.

Rasulullah saw bersabda:

?????????? ?????? ??????? ???? ?????????? ???? ??????? ???? ?????? ??????? ???? ???????? ???? ?????? ??????? ???? ?????? ????? ??????? ??????? ?????? ??????? ???????? ????????? ????? ????? ????????? ????? ??????????? ????????? ???? ??????????? ???????????? ??????? ????? ???????? ????? ?????????? ?????? ????????? ???????? ??????????? ????? ????? ?????? ???????? ?????? ????????? ???????? ????????????? ????????? ????? ?????? ????????? ?????????? ?????? ??????????? ???????? ??????????? ????? ????? ????? ????????? ?????? ????????? ?????? ??????????? ????? ??????????? ????????? ???? ???????????

“Ibn umar r.a berkata; saya telah mendengar Rasulullah saw bersabda: Setiap orang adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban atas kepemimpinannnya. Seorang kepala negara akan diminta pertanggungjawaban perihal rakyat yang dipimpinnya. Seorang suami akan ditanya perihal keluarga yang dipimpinnya. Seorang isteri yang memelihara rumah tangga suaminya akan ditanya perihal tanggungjawab dan tugasnya. Bahkan seorang pembantu/pekerja rumah tangga yang bertugas memelihara barang milik majikannya juga akan ditanya dari hal yang dipimpinnya. Dan kamu sekalian pemimpin dan akan ditanya (diminta pertanggungan jawab) darihal hal yang dipimpinnya.” (HR. Bukhari- Muslim)

Masyarakat, harus memiliki kepedulian agar tindak maksiat, seperti perzinaan tidak terjadi. Negara, wajib menerapkan sistem yang mencegah lahirnya bayi-bayi tanpa dosa dengan cara yang tidak halal. Artinya wajib memberantas perzinaan dan berbagai sarana yang mengarahkan ke sana, kerena perbuatan zina mengakibatkan lahirnya anak yang tidak jelas nasabnya, perbuatan zina mengakibatkan lahirnya anak yang tidak dikehendaki, yang pada akhirnya para bayi yang tidak berdosa ditelantarkan, dibuang, bahkan tidak sedikit yang dimusnahkan.

Allah berfirman :

???? ?????????? ???????????? ???????? ???????? ?????? ???????????? ???????????? ????? ?????????? ????? ??????? ????????

”Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut melarat. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu juga. Sesungguhnya membunuh mereka adalah dosa yang besar.
 ”(QS: al-Isra` [17]: 31).

Seyogianya, problem ini merupakan problem sistemik. Dimana orang tua, masyarakat, dan negara harus berkeja sama  mencari solusi terhadap problem ini, agar kasus ini dapat terselesaikan. Pun, tidak ada lagi bayi tak berdosa menjadi korban. 

Oleh karena itu, pencegahan pergaulan bebas pada remaja yang menyebabkan pembuangan bayi jangan dianggap remeh, harus secara masif dilakukan. Dimulai dari lingkungan keluarga, dimana orang-tua harus menjalankan fungsinya sebagai pendidik dan pembina anak. Nilai-nilai keislaman harus menjadi pedoman dalam pendidikan keluarga. 

Nilai-nilai sekular-liberal melalui tontonan, bacaan dan penggunaan media digital pada anak-anak harus dicampakkan. Masyarakat harus memiliki kepedulian agar perbuatan maksiat, seperti perzinaan tidak terjadi. 

Sikap cuek terhadap kerusakan akhlak hanya akan menambah persoalan sosial dan mengundang murka Allah SWT. Dan bagi negara harus berperan dalam menjaga akhlak masyarakat dan wajib menerapkan sistem yang dapat memberantas perzinaan dan berbagai sarana yang mengarahkan ke sana. Karena perbuatan zina telah nyata merusak kehormatan, mengakibatkan lahirnya lahirnya anak yang tidak dikehendaki, yang tidak jelas nasabnya, yang pada akhirnya para bayi yang tidak berdosa ditelantarkan, dibuang, bahkan tidak sedikit yang dimusnahkan. 

Telah jelas kerusakan yang diakibatkan oleh aturan hidup selain dari Islam. Sistem sekular-liberal telah nyata merusak kehidupan keluarga  dan menghancurkan masa depan generasi muda.  

Wallahu a’lam bisshawab

Related Post